Pengertian, Fungsi, dan Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran Lengkap - Manajemen admnistrasi perkantoran yaitu kegiatan pengolahan data dan info yang dilakukan secara teratur, sistematik dan terus menerus mengikuti kegiatan organisassi dengan tujuan untuk mencapai keberhasilan kiprah organisasi yang bersangkutan.
Manajemen Perkantoran adalah pengarahan menyeluruh terhadap acara ketatausahaan dari suatu kantor untuk mencapai tujuan dengan cara seefisien mungkin yang harus diadakan penataan semoga pekerjaan tersebut berjalan dengan baik. Penataan atau pengelolaan terhadap pekerjaan kantor disebut dengan administrasi perkantoran.
Pengertian Manajemen Perkerjaan Menurut Para Ahli
Adapun pengertian Manajemen perkantorna menurutpara ahli:
Arthur Grager
Menurut Arthur Grager, Office Management is the function of administering the commonication and record service of an organization (Manajemen Perkantoran yaitu fungsi tata penyelenggaraan terhadap komonikasi dan pelayanan waktu dan suatu organisasi).
William Leffingwell & Edwin Robinson
Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson, Office management as e function, is the branch of the art and science of management which is concerned with the effecient performance of office work, whenever and wherever that work is to be done (Manajemen perkantoran sebagai sesuatu fungsi yaitu cabang dari seni dan ilmu administrasi yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran itu harus dilakukan)
Hal Nourse
Menurut Hal Nourse, It seems to me that office management in the broather sense might embrance, not only the generally accepted service function, but also the arise og functional control administrative direction of most clerical and paperwork (Manajemen perkantoran dalam arti lebih luas sanggup meliputi tidak hanya fungsi-fungsi pelayanan perkantoran yang telah diterima pada umumnya, melainkan juga bidang-bidang mengenai kontrol fungsional dan pengarahan administratif terhadap kebanyakan pekerjaan kertas dan tulis)
George R. Terry
Menurut George R. Terry, Manajemen perkantoran yaitu perencanaan, pengawasan, dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
Prajudi Atmosudirjo
Menurut Prajudi Atmosudirjo, Manajemen perkantoran yaitu adonan dan kombinasi antara corporate management (kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan), dan operation management (pekerjaan kantor).
Moekijat
Menurut Moekijat, Manajemen perkantoran yaitu penerapan fungsi-fungsi administrasi pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kantor semoga tujuan kantor sanggup tercapai dan pegawai-pegawai merasa puas.
Rifhi Siddiq
Menurut Rifhi Siddiq, Manajemen perkantoran merupakan suatu metode yang dilakukan dengan memperhatikan fungsi-fungsi administrasi berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yang telah direncanakan sebelumnya.
Millis Geoffrey
Menurut Millis Geoffrey, Manajemen kantor yaitu seni membimbing personel kantor dalam memakai sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan.
Fungsi Manajemen Perkantoran
Perencanaan
Fungsi perencanaan atau planning dalam administrasi perkantoran yaitu fungsi yang akan dipakai dalam memilih tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jadi, dalam fungsi perencanaan ini manajer harus memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki.
Pengorganisasian
Fungsi pengorganisasian (Organizing) dalam administrasi perkantoran ini sanggup mempermudah manajer dalam melaksanakan pengawasan dan memilih orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan kiprah yang sudah dibagi tersebut.
Fungsi pengorganisasian dalam administrasi sangat penting karena: sanggup membantu mewujudkan struktur organisasi yang jelas; sanggup mendeskripsikan kiprah setiap bidang atau bab dalam organisasi secara jelas; wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi menjadi lebih jelas; sanggup memperlihatkan antar kiprah setiap unit organisasi; dan sumber daya insan dan materil yang dibutuhkan sanggup diketahui.
Pengarahan
Fungsi pengarahan (Commanding) dalam administrasi perkantoran merupakan fungsi administrasi yang bekerjasama dengan perjuangan memberi bimbingan, saran, perintah atau instruksi pada bawahan dalam menjalankan tugas, semoga kiprah sanggup dijalankan dengan baik dan tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semenjak awal.
Pengawasan
Fungsi pengawasan (Controling) dalam administrasi perkantoran sangat dibutuhkan untuk menjaga semoga semua kegiatan dan efektivitas penggunaan sumber daya yang ada tidak menyimpang dari planning sehingga tujuan organisasi sanggup terwujud.
Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran
Ruang lingkup administrasi kantor antara lain
Manajemen Perkantoran adalah pengarahan menyeluruh terhadap acara ketatausahaan dari suatu kantor untuk mencapai tujuan dengan cara seefisien mungkin yang harus diadakan penataan semoga pekerjaan tersebut berjalan dengan baik. Penataan atau pengelolaan terhadap pekerjaan kantor disebut dengan administrasi perkantoran.
Pengertian Manajemen Perkerjaan Menurut Para Ahli
Adapun pengertian Manajemen perkantorna menurutpara ahli:
Arthur Grager
Menurut Arthur Grager, Office Management is the function of administering the commonication and record service of an organization (Manajemen Perkantoran yaitu fungsi tata penyelenggaraan terhadap komonikasi dan pelayanan waktu dan suatu organisasi).
William Leffingwell & Edwin Robinson
Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson, Office management as e function, is the branch of the art and science of management which is concerned with the effecient performance of office work, whenever and wherever that work is to be done (Manajemen perkantoran sebagai sesuatu fungsi yaitu cabang dari seni dan ilmu administrasi yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran itu harus dilakukan)
Hal Nourse
Menurut Hal Nourse, It seems to me that office management in the broather sense might embrance, not only the generally accepted service function, but also the arise og functional control administrative direction of most clerical and paperwork (Manajemen perkantoran dalam arti lebih luas sanggup meliputi tidak hanya fungsi-fungsi pelayanan perkantoran yang telah diterima pada umumnya, melainkan juga bidang-bidang mengenai kontrol fungsional dan pengarahan administratif terhadap kebanyakan pekerjaan kertas dan tulis)
George R. Terry
Menurut George R. Terry, Manajemen perkantoran yaitu perencanaan, pengawasan, dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
Prajudi Atmosudirjo
Menurut Prajudi Atmosudirjo, Manajemen perkantoran yaitu adonan dan kombinasi antara corporate management (kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan), dan operation management (pekerjaan kantor).
Moekijat
Menurut Moekijat, Manajemen perkantoran yaitu penerapan fungsi-fungsi administrasi pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kantor semoga tujuan kantor sanggup tercapai dan pegawai-pegawai merasa puas.
Rifhi Siddiq
Menurut Rifhi Siddiq, Manajemen perkantoran merupakan suatu metode yang dilakukan dengan memperhatikan fungsi-fungsi administrasi berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yang telah direncanakan sebelumnya.
Millis Geoffrey
Menurut Millis Geoffrey, Manajemen kantor yaitu seni membimbing personel kantor dalam memakai sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan.
Fungsi Manajemen Perkantoran
Perencanaan
Fungsi perencanaan atau planning dalam administrasi perkantoran yaitu fungsi yang akan dipakai dalam memilih tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jadi, dalam fungsi perencanaan ini manajer harus memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki.
Pengorganisasian
Fungsi pengorganisasian (Organizing) dalam administrasi perkantoran ini sanggup mempermudah manajer dalam melaksanakan pengawasan dan memilih orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan kiprah yang sudah dibagi tersebut.
Fungsi pengorganisasian dalam administrasi sangat penting karena: sanggup membantu mewujudkan struktur organisasi yang jelas; sanggup mendeskripsikan kiprah setiap bidang atau bab dalam organisasi secara jelas; wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi menjadi lebih jelas; sanggup memperlihatkan antar kiprah setiap unit organisasi; dan sumber daya insan dan materil yang dibutuhkan sanggup diketahui.
Pengarahan
Fungsi pengarahan (Commanding) dalam administrasi perkantoran merupakan fungsi administrasi yang bekerjasama dengan perjuangan memberi bimbingan, saran, perintah atau instruksi pada bawahan dalam menjalankan tugas, semoga kiprah sanggup dijalankan dengan baik dan tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semenjak awal.
Pengawasan
Fungsi pengawasan (Controling) dalam administrasi perkantoran sangat dibutuhkan untuk menjaga semoga semua kegiatan dan efektivitas penggunaan sumber daya yang ada tidak menyimpang dari planning sehingga tujuan organisasi sanggup terwujud.
Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran
Ruang lingkup administrasi kantor antara lain
- Aktivitas Kantor
- Sarana atau Fasilitas Kerja Perkantoran
- Tujuan Manajemen Perkantoran
Buat lebih berguna, kongsi:

