Perjuangan

@ Apa yang dimaksud dengan Perjuangan.
  1. Perjuangan berarti segala sesuatu yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam sebuah usaha terdapat aneka macam macam hambatan. Semakin kita sering mengalami aneka macam duduk perkara maka semakin besar lengan berkuasa pula kita.
  2. Arti usaha yaitu usaha dan kerja keras dalam meraih hal yang baik sebagai kunci menuju kesuksesan.
  3. Perjuangan merupakan suatu usaha untuk meraih sesuatu yang dibutuhkan demi kemuliaan dan kebaikan.
  4. Pada masa penjajahan, usaha yaitu segala sesuatu  yang dilakukan dengan pengorbanan, peperangan dan diplomasi untuk memperoleh kemerdekaan.
  5. Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan memiliki arti luas, sehingga apa yang dilaksanakan oleh pahlawan-pahlawan di Nusantara merupakan peristiwa-peristiwa dalam usaha nasional Indonesia  Perbedaan antara “perjuangan” dan “pergerakan”. Pergerakan memiliki arti yang khas, yaitu usaha untuk mencapai kemerdekaan dengan memakai organisasi yang teratur 
Dalam konteks usaha kemerdekaan yaitu upaya untuk untuk membebaskan diri dari cengkraman kezaliman kesewenang-wenangan dan penindasan penjajahan bangsa lain. Jarahan hasil bumi, ekspoitasi insan dalam bentuk kerja paksa (rodi), tuntutan upeti atau pajak dari rakyat yang diluar kemampuan, monopoli perdagangan. Adalah referensi mengapa leluhur bangsa ini berjuang. Berjuang dari sebuah kesadaran bahwa ada hak dalam hidup ini yang diambil paksa oleh orang lain, demi meraih kembali hak itu tidak ada pilihan kecuali berjuang.

Perjuangan yang dibangunkan itu pula dihentikan atas dasar hendak berkuasa dan memerintah, atas dasar hendakkan pangkat dan nama, atas dasar hendak menegakkan bangsa, atas dasar hendak menghapuskan kezaliman (walaupun disuruh) dan lain-lain.
Buat lebih berguna, kongsi:
close