Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Dan Teladan Promosi Lengkap

Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Contoh Promosi Lengkap - Promosi ialah perjuangan yang dilakukan perusahaan untuk membuat kesadaran, memberitahukan, membujuk dan menghipnotis konsumen untuk melaksanakan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan. Cara promosi sanggup dilakukan melalui media sosial, pembicaraan dan masih banyak lagi yang lainnya.

 Promosi ialah perjuangan yang dilakukan perusahaan untuk membuat kesadaran Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Contoh Promosi Lengkap

Selain pengertian diatas, kita akan membahas wacana pengertian promosi berdasarkan para ahli, kita akan membahas tujuan promosi, macam-macam jenis bentuk promosi dan pola promosi.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Tjiptono (2002:219)

Menurut Tjiptono, Promosi ialah bentuk komunikasi pemasaran artinya kegiatan pemasaran yang berusaha mengembangkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya biar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Swastha dan Irawan (2005:349)
Menurut Swastha dan Irawan, Promosi ialah arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang membuat pertukaran dalam pemasaran

Sistaningrum (2002:98)

Menurut Sistaningrum, Promosi ialah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam menghipnotis konsumen kasatmata maupun konsumen potensial biar mereka mau melaksanakan pembelian terhadap produk yang ditawarkan dikala ini atau dimasa yang akan datang.

Gitosudarmo (2000:237)
Menurut Gitosudarmo, Promosi ialah kegiatan yang ditujukan untuk menghipnotis konsumen biar mereka sanggup menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi bahagia kemudian membeli produk tersebut.

Kotler (2000:119)

Menurut Kotler, Promosi ialah bab dan proses taktik pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan memakai komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Tujuan Promosi

Adapun tujuan dilakukan promosi yaitu:
  • Untuk menyebarluaskan nformasi barang atau jasa perusahaan kepada pasar
  • Untuk mendapatkan konsumen gres dan menjaga kesetiaan konsumen untuk membeli dan menggunakan
  • prosuk atau jasa perusahaan.
  • Untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan akan meningkat,
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan produk perusahaan dibandingkan dengan produk pesaing.
  • Untuk membentuk gambaran produk atau jasa dan juga nama perusahaan dimata konsumen.
  • Untuk mengubah tingkah laris dan pendapat konsumen
Menurut Kismono (2001: 374), tujuan promosi yaitu:
  1. Memberikan informasi pada konsumen potensial mengenai produk yang ditawarkan, dimana konsumen bisa membeli dan berapa harga yang ditetapkan.
  2. Untuk meningkatkan penjualan.
  3. Agar tingkat penjualan perusahaan tidak mengalami penurunan (Menstabilkan penjualan)
  4. Untuk memposisiskan produk
  5. Untuik membentuka gambaran produk
Manfaat Promosi
Adapun Manfaat atau fungsi promosi bagi perusahaan atau bisnis lainnya:
  1. Untuk mengetahui produk yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen
  2. Untuk mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan produk
  3. Untuk mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk sampai ke tangan konsumen
  4. Untuk mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
  5. Untuk mengetahui taktik promosiyang sempurna kepada para konsumen
  6. Untuk mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasi hal tersebut
  7. Untuk membuat image produk
Macam-Macam Jenis Bentuk Promosi
Melakukan kegiatan promosi pada beberapa variabel yang ada didalamnya, dan variabel-variabel tersebut harus dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Kombinasi variabel-variabel promosi tersebut disebut dengan bauran promosi atau promotional mix.

Advertensi (Periklanan)
Berdasarkan macam media yang digunakan, maka periklanan dibedakan menjadi:
  1. Advertensi Cetak ibarat koran, majalah, dan lain sebagainya.
  2. Advertensi Elektronika ibarat website, radio, televisi, dan lain sebagainya.
  3. Transit Advertensing ibarat buletin, poster/spanduk, stiker, dan lain sebagainya
  4. Kiriman Langsung yakni barang cetakan yang dikirim eksklusif melalui pos kepada target.
  5. Advertensi Khusus yakni segala macam barang yang bentuknya berupa hadiah.
  6. Personal Selling
  7. Personal Selling ialah penyajian barang secara verbal dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan biar barang yang ditawarkan bisa terjual. Hal ini lebih ditujukan pada produk yang sifat pembeliannya sekali-kali atau mempunyai nilai per unit yang sangat tinggi atau yang didesain dengan kebutuhan tertentu. Dengan melaksanakan peragaan diperlukan bisa memperlihatkan kepercayaan bagi calon pembeli.
Sales Promotion
Sales Promotion merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi  yang dilakukan guna merangsang pembelian barang perusahaan. Adapun alat -alat yang dipakai dalam sales promotion antara lain :
  • Sampel atau Contoh, dalammelakukan promosi jangan ragu untuk memberi pola pada pembeli.
  • Kupon atau Voucher ialah akta hak belahan kepada pemegangya sehingga menghemat pembelian suatu produk.
  • Premi ialah barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah.
  • Paket Harga ialah produk harga yang memuat harga lebih rendah daripada harga biasanya kalau pembeli membeli produk dengan jumlah yang telah ditentukan.
  • Tawaran Uang Kembali ialah anjuran yang dilakukan kalau terjadi ketidaksesuaian produk dengan harga atau terjadi kerusakan pada produk yang dibeli berdasarkan produknya maka uang akan dikembalikan.
  • Promosi Dagang ialah penawaran yang diberikan berupa belahan harga dalam jangka waktu tertentu.
  • Undian ialah cara promosi dengan mengajak konsumen untuk mengumpulkan label yang memuat nama produk untuk kemudian diundi dan mendapat hadiah.
  • Kontes ialah bentuk promosi dengan mengundang konsumen untuk mengikuti perlombaan.
  • Publicity
  • Publicity ialah upaya pendekatan pada masyarakat biar lebih dikenal oleh masyarakat seperti, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.
Contoh Promosi
Berikut ini ialah beberapa pola promosi:
  • Kirim 5 SMS, Dapat 50 sms gratis ke semua operator
  • Diskon 70% untuk produk tertentu disebuah sentra perbelanjaan
  • Perusahaan X memasang iklan di TV untuk produknya
  • Dan lain sebagainya.
Demikian klarifikasi wacana Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Contoh Promosi Lengkap. Semoga sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close