Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan

Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan - Selain fotosintesis, dalam badan tumbuhan juga terjadi proses-proses lainnya. Misalnya akar menyerap air, batang bertumbuh, dan bunga mekar. Tumbuhan membutuhkan energy untuk berlangsungnya proses-proses tersebut. Energi tumbuhan di peroleh dari karbohidrat yang dihasilkan melalui reaksi foto sintesis.

 dalam badan tumbuhan juga terjadi proses Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan

Lakukanlah acara berikut untuk mengetahui manfaat karbohidrat hasil fotosintesis bagi prtumbuhan tumbuhan.jika kebutuhan energi dari karbohidrat telah cukup, kelebihannya akan disimpan tumbuhan. Kelebihan karbohidrat ini disimpan sebagai masakan cadangan. Bagian badan tumbuhan yang dipakai sebagai kawasan penyimpanan masakan cadangan yaitu:

1. Biji, misalkan tumbuhan kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai), padi, jarak, Bungan matahari, dan jagung.

2. Buah, misalkan pada tumbuhan mangga, jeruk, pisang, apel, semangka, durian, pepeya, salak, kelapa, nanas , dan tumbuhan buah lainnya.

3. Batang, misalmya tumbuhan ubi kayu (singkong), ubi jalar, kentang, dan wortel.
Pada beberapa kondisi, tumbuhan memakai cadangan makananya yang disimpannya. Misalnya, cadangan masakan di biji dipakai untuk pertumbuhan tumbuhan baru. Manusia dan binatang juga memanfaatkan cadangan masakan Yang disimpan oleh tumbuhan. Manusia dan hewan, yang tidak sanggup menghasilkan makanannya sendiri, memanfaatkan hasil fotosintesis tumbuhan ini sebagai sumber makanannya.

TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER MAKANAN


Bagi makhluk hidup lain yang tidak sanggup menciptakan masakan sendiri, tumbuhan merupakan sumber masakan utama. Manusia dan binatang sangat bergantung pada tumbuhan. Mari kita pelajari,mana sajakah bab badan tumbuhan yang dipergunakan sebagai sumber makanan.

1. UBI

Umbi ialah baian tumbuhan yang mengembung alasannya menyimpan masakan cadangan.
Umbi sanggup dapat terbentuk diakar. Seperti terhadap pada singkong, wortel, dan dahlia.Umbi juga sanggup terbentuk dibatang, Misalnya pda kentang dan ubi jalar. Umbi-umbian tersebut sanggup menjadi sumber masakan bagi insan dan hewan. Singkong, kentang, dan ubi jalar yang penuh dengan karbohidrat sering kali dipakai sebagai pengganti masakan pokok nasi atau gandum.

2. BATANG
Batang tumbuhan tebu, sagu dan bambu muda merupakan sumber makanan. Sagu sanggup dipakai sebagai sumber masakan pokok. Jika kau menghisap batang tebu, kau akan mencicipi air tebu yang anggun dan memperlihatkan tenaga. Tebu juga diolah untuk menghasilkan gula pasir. Tunas bamboo yang muda atau rebung sanggup diolah menjadi sayuran.

3. DAUN
Banyak jenis daun yang sanggup dimakan, contohnya daun papaya, daun singkong, kangkung, sawi, kacang panjang, dan selada. Daun-daunan ini diolah menjadi sayuran atau ada yang dimakan tanpa diolah (lalap).

4. BUNGA
Bunga tumbuhan ada yang sanggup dimakan, contohnya bunga turi, bunga papaya, kembang kol, dan bunga pisang. Bunga kol berbentuk bundar menyerupai bola. Bunga pisang biasanya disebut jantung pisang.

5. BUAH
Jenis buah yang sanggup dimakan sangat banyak, ada buah-buahan yang dimakan sebagai pencuci mulut, diolah dalam sayuran, dan dibentuk minuman, Karena buah dan sayur merupakan sumber serat dan vitamin yang sangat diharapkan tubuh.

6. BIJI
Biji-bijian yang sanggup dimakan yaitu biji kacang-kacangan, padi, jagung dan gandum. Biji gandum diolah menjadi terigu, kemudian terigu, sanggup diolah menjadi roti atau kue.

Demikian klarifikasi wacana Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan. Semoga bermanfaat :)
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close