Penjelasan Pengertian Beserta Fungsi Forum Keluarga, Dan Tahap-Tahap Perkembangan Keluarga Lengkap

Penjelasan Pengertian Beserta Fungsi Lembaga Keluarga, dan Tahap-Tahap Perkembangan Keluarga Lengkap - Lembaga keluarga merupakan macam-macam forum sosial. Agar lebih jelasnya pembahasan wacana forum keluarga.

Penjelasan Pengertian Beserta Fungsi Lembaga Keluarga Penjelasan Pengertian Beserta Fungsi Lembaga Keluarga, dan Tahap-Tahap Perkembangan Keluarga Lengkap

Disini akan ditulis wacana bagaimana klarifikasi forum keluarga Beserta fungsi  forum keluarga, dan tahap-tahap perkembangan keluarga. Mari simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga merupakan unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya. Dalam sebuah keluarga, diatur hubungan antar anggota keluarga sehingga setiap anggota keluarga mempunyai tugas dan fungsi masing-masing.

Terbentuknya sebuah keluarga berasal dari sebuah perkawinan yang sah berdasarkan agama, adat, dan pemerintah.

Fungsi Lembaga Keluarga


1. Fungsi Reproduksi
Dalam keluarga, belum dewasa merupakan wujud dari cinta kasih dan tanggung jawab suami istri meneruskan keturunan nya. Keluarga mempunyai fungsi reproduksi artinya dari pernikahan dibutuhkan akan memperlihatkan keturunan.

2. Fungsi Proteksi
Dengan Terbentuknya keluarga, terdapat fungsi perlindungan yaitu mendapat rasa ketentraman dan keterlindungan baik secara psikologis maupun fisik. Apabila didalam keluarga terdapat rasa aman, proses-proses sosial didalam keluarga sanggup berjalan harmonis.

3. Fungsi Ekonomi
Pada umumnya dalam sebuah keluarga, ayah merupakan kepala keluarga serta menjadi tulang punggung keluarga. Namun tidak tertutup kemungkinan ibu juga mencari nafkah untuk membantu perekonomian keluarga.

kolaborasi yang baik antara ayah dan ibu didalam mengelola pendapatan mengakibatkan keluarga sanggup mengfungsikan ekonomi secara efektif dan efisien.

4. Fungsi Sosialisasi
Didalam lingkungan keluarga, anak mulai dilatih dan diperkenalkan cara-cara hidup bersama orang lain. Anak diajak memahami lingkungan yang lebih luas sehingga pada ketika nya nanti seorang anak benar-benar siap untuk hidup dalam masyarakat.

Anak diperkenalkan oleh orang renta nya mengenai norma yang berlaku dimasyarakat menyerupai norma agama, norma kesopanan, norma hukum, dan norma kesusilaan, serta nilai-nilai sosial menyerupai nilai kemanusiaan, nilai keindahan, dan nilai keagamaan.

5. Fungsi Afeksi
Keluarga dibutuhkan akan memeberikan kehangatan perasaan pada anggota keluarga nya menyerupai ayah yang tetap memperlihatkan perhatian dan kasih sayang kepada anaknya yang sedang mendapat duduk masalah disekolahnya.

6. Fungsi Pengawasan Sosial

Pada dasarnya dalam keluarga terdapat saling kontrol (mengawasi) antar anggota keluarga biasanya sering dilakukan oleh anggota keluarga yang lebih tua. hal ini sebagai ras tanggung jawab mereka dalam menjaga nama baik keluarga.

7. Fungsi Pemberian Status

Melalui forum perkawinan ini, seseorang akan mendapat status atau kedudukan yang gres dimasyarakat., yaitu sebagi suami atau istri.

Fungsi dari status suami ialah sebagai pemimpin dalam rumah tangga nya sedangakn seorang istri berfungsi sebagi pendamping suami dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan dalm keluraganya.

Tahap-Tahap Perkembangan Keluarga


1. Tahap Persiapan (Pre-Nuptual)

Tahap ini ditandai dengan proses pengenalan secara berkala dan intensif antara seorang laki-laki dengan seorang wanita, yang kemudian disusul dengan janji antara kedua belah pihak untuk membangun sebuah keluarga dalam ikatan perkawinan. Tahap ini juga ditandai dengan proses peminangan dan pertunangan.

2. Tahap Perkawinan (Nuptual Stage)

Tahap perkawinan merupakan awal perjalanan daris sebuah keluarga yang ditandai dengan pristiwa ijab kabul yang dilaksanakan berdasarkan atas aturan agama dan aturan negara yang dilanjutkan dengan pesta perkawinan yang biasanya diselenggarakan berdasarkan etika istiadat tertentu.

Pada tahap ini, keluarga gres mulai meneguhkan pendirian dan perilaku sebuah keluarga yang akan diarungi bersama.

3. Tahap Pemeliharaan Anak (Child Rearing Stage)

Tahap ini terjadi sehabis beberapa tahun dari usia perkawinan dan keluarga tersebut dikaruniai anak. Anak merupakan hasil cinta kasih yang dikembangkan dalam kehidupan keluarga.

Selanjutnya sebuah keluarga bertanggung jawab untuk memelihara, membesarkan, dan mendidik belum dewasa yang dilahirkan sampai mencapai jenjang kedewasaan.

4. Tahap Keluarga Dewasa (Maturity Stage)
Tahap ini ditandai dengan pencapaian kedewasaan oleh belum dewasa yang dilahirkan dalam sebuah keluarga, dalam arti belum dewasa telah bisa berdiri sendiri, terlepas dari ketergantungan dengan orang renta mereka.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close